SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SELAMAT MEMBACA

Selasa, 10 Desember 2024

Belajar dan pembelajaran

 Belajar dan Pembelajaran

Beberapa Teori Belajar

Menurut Hamalik (2001: 28), belajar adalah “Suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan”. Aspek tingkah laku tersebut adalah: pengetahuan, pengertian, kebiasaan, keterampilan, apresiasi, emosional, hubungan sosial, jasmani, etis atau budi pekerti dan sikap. 

Sedangkan, Sardiman A.M. (2003 : 22) menyatakan: “Belajar merupakan suatu proses interaksi antara diri manusia dengan lingkungannya yang mungkin berwujud pribadi, fakta, konsep ataupun teori”. Jadi belajar adalah suatu interaksi antara manusia dengan lingkungan yang dapat menimbulkan suatu fakta yang pada akhirnya diperoleh hasil hubungan yang baik.

 Belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.

Teori Belajar Behaviorisme

Menurut John Broades Watson dalam Herpratiwi (2009:3-4) teori behavioristik adalah teori yang menerapkan prinsip penguatan stimulus-respon. Maksudnya adalah pengetahun yang terbentuk melalui ikatan stimulus-respon akan semakin kuat bila diberi penguatan. Penguatan tersebut terbagi atas penguatan positif dan penguatan negatif. Penguatan positif sebagai stimulus, dapat meningkatkan terjadinya pengulangan tingkah lakubitu. Sedangkan penguatan negatif dapat mengakibatkan perilaku berkurang atau menghilang. Jadi teori ini adalah pengetahuan akan semakin kuat bila diberi penguat dan sebaliknya akan hilang bila tidak diberi penguat.

 Menurut Ivan Petrovich Pavlov dalam Herpratiwi (2009:4) Cllassical Conditioning Theory memandang bahwa belajar adalah perubahan perilaku. Menurut teori ini belajar pada prinsipnya mengikuti suatu hukum yang sama untuk semua manusia, bahkan semua mahluk hidup. Teori ini dikembangkan melalui observasi terhadap perilaku belajar yang tampak ( observable behavior). Jadi teori ini adalah terjadinya perubahan tingkah laku yang dilakukan dengan observasi terhadap perilaku yang tampak. 

Menurut Burrhus Frederic Skinner dalam Herpratiwi (2009:10) behaviorisme merupakan salah satu aliran psikologi yang memandang individu hanya dari sisi fenomena jasmaniah, dan mengabaikan aspek-aspek mental. Belajar akan menghasilkan perubahan perilaku yang dapat diamati, sedang perilaku dan belajar diubah oleh kondisi lingkungan. Jadi menurut teori ini adalah setelah belajar akan menghasilkan perubahan perilaku, dan perilaku tersebut dapat diamati.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengertia aktivitas fisik menurut who